Selamat Ulang Tahun Sri Sultan Hamengku Buwono X

ANIK ISWANTI 02 April 2023 09:49:54 WIB

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X), pada 2 April 2023 berulang tahun ke-77.

Sultan X memiliki prinsip untuk senantiasa dekat dengan rakyat, karena HBX mengakui, lahir dan dibesarkan di lingkungan keraton yang berpihak pada rakyat. "Bagi saya, keberpihakan pada rakyat itu adalah panggilan," kata Sultan HB X yang dinobatkan sebagai Raja Keraton Yogyakarta pada 7 Maret 1989,  mengantikan ayahnya Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang mangkat Oktober 1988. 

Sultan HB X merasa harus membentuk jati diri untuk tumbuh dan berpihak kepada rakyat, karena baginya seorang raja berkewajiban memihak dan mengayomi rakyat. Oleh karena itu, pria bernama lahir Bendoro Raden Mas Herjuno Darpito itu hingga dewasa --dan bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Mangkubumi-- selalu menjauhkan sikap "adigang, adigung, adiguna", merasa besar dan berkuasa.

Bapak lima anak yang memperingati ulang tahun ke-77 ini   juga ingin masyarakat dapat mengetahui setiap gerak langkah yang dilakukan dalam membentuk jati diri. Dengan demikian, menurut lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu, rakyat mempunyai kesempatan untuk melihat benar atau tidak, sependapat atau tidak terhadap apa yang dilakukan. Kedekatan Sultan Hamengku Buwono X dengan rakyat dan kepercayaan rakyat terhadapnya, telah menjadi ciri khas kepemimpinan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang bertahan hingga kini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung