Mahasiswa KKN UMBY Membantu Pengembangan Potensi UMKM di Kalurahan Gari

ANIK ISWANTI 18 Agustus 2023 08:12:53 WIB

Sejumlah 11 mahasiswa lintas program studi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang tergabung dalam KKN Tematik Kelompok 92 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Kegiatan sekelompok mahasiswa ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada usaha mikro kecil dan menengah “Marvera Aloevera” yang terletak di Dukuh Ngijorejo, Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Selama kurang lebih satu bulan para mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Nurcahyo Wahyutomo, salah satu wakil dari tim KKN Tematik Kelompok 92 mengungkapkan sebelumnya telah melakukan survei lapangan ke Marvera Aloevera pada 9 Juli lalu. Dari survei yang sudah dilakukan, pihak UMKM mengemukakan kendala-kendala yang dihadapi salah satunya adalah masalah marketing atau penjualan.

“Berdasarkan apa yang telah diceritakan oleh pemilik Marvera Aloevera maka kami sepakat untuk menyusun dan mengajukan proposal KKN dengan rumusan judul Optimalisasi Produktivitas UMKM Melalui Digital Marketing,” ujar Cahyo dalam keterangannya, Minggu (23/7/2023).

“Program kerja yang sudah kami susun memang berfokus pada faktor-faktor yang diharap dapat mendorong volume penjualan Marvera ke depannya, dimulai dari pembuatan plang usaha dan dilanjut dengan pembuatan foto katalog produk, pembuatan video profil perusahaan, pemanfaatan fitur iklan pada berberapa platform digital dan kami juga mengusahakan untuk menyisipkan tentang bagaimana penggunaan platform penunjang penjualan yang sedang tren saat ini seperti live TikTok,” jelas Cahyo.

 

Marcus Nanang Setyawan, pemilik UMKM Marvera Aloevera, menyambut baik kegiatan KKN- PPM oleh KKN Tematik Kelompok 92 yang dilaksanakan di tempat usaha miliknya.

“Dengan kegiatan ini saya berharap bahwa ke depannya dapat bersinergi khusunya dengan anak-anak muda untuk bisa mengembangkan Marvera dan juga potensi wisata lain yang ada di Kalurahan Gari ini,” ucap Nanang dalam kesempatan menjadi pembicara dalam pelatihan dengan tajuk Sinau Bareng Bertani dan Mengolah Perpustakaan bersama Perpustakaan Desa Cahaya Ilmu, Minggu (23/7/2023). Pada kesempatan tersebut, KKN Tematik Kelompok

92 Universitas Mercu Buana membantu Marvera dalam penyelenggaraan acara yang dilakukan di Balai Kalurahan Gari.

Kegiatan pelatihan seperti ini merupakan program yang dibuat pemilik Marvera Aloevera selain memproduksi olahan lidah buaya dengan tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat umum tentang pembudidayaan dan pengolahan lidah buaya. Minggu (23/7), Perpustakaan Desa Cahaya Ilmu Kalurahan Gari mengadakan pelatihan dengan menunjuk Marvera sebagai narasumber. Pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat Kalurahan Gari. Selain memaparkan materi tentang seluk beluk lidah buaya, Nanang juga menyampaikan dulu saat memulai bisnis Marvera, dia berangkat dari perpustakaan desa dengan membaca berbagai literatur tentang wirausaha. Dia berpesan kepada seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir untuk sering-sering berkunjung ke perpustakaan desa agar wawasan yang dimiliki semakin luas dan dapat diimplementasikan ke kehidupan bermasyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung